Konsep Keteladanan Surat Al-Ahzab Ayat 21 Sebagai Metode Pendidikan Islam

Penulis

  • Taufik Burhanudin Azis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”Yogyakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61136/zfcxa339

Kata Kunci:

Keteladanan, Surat Al Ahzab 21, Pendidikan Islam

Abstrak

Untuk mencapai tujuan pendidikan diperlukan proses belajar mengajar yang ideal dan diperlukan sebuah metode yang tepat guna tercapainya tujuan pendidikan. Hal ini menggambarkan bahwa metode merupakan salah satu faktor yang penting dalam melaksanakan sebuah kegiatan proses belajar mengajar. Dengan demikiam penulis mempermasalahakan bagaimana konsep metode keteladanan menurut Ilmu Pendidikan Islam? Bagaimana pula penafsiran oleh para mufasir terhadap Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 21. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep metode keteladanan yang merupakan cara yang tepat dapat digunakan sebagai salah satu metode dalm proses Pendidikan Islam. Data yang ditemukan, menunjukan bahwa metode uswah (teladan) merupakan metode yang bersifat aplikatif-praktikal, sebuah kombinasi antara teoritis dan praktis, sebuah keselarasan antara ucapan dan perbuatan, dalam penerapannya langsung bersentuhan dengan perilaku kehidupan. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa metode uswah (teladan) yang terdapat dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 21 merupakan sebuah metode yang dalam penggunaannya atau pelaksanaanya menggunakan uswah (teladan) yang dapat ditonjolkan oleh seorang pendidik agar peserta didik dapat cepat dengan mudah memahami materi yang diajarkan

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Konsep Keteladanan Surat Al-Ahzab Ayat 21 Sebagai Metode Pendidikan Islam. (2024). Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.61136/zfcxa339

Artikel Serupa

1-10 dari 91

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>