MENINGKATKAN PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA BERBASIS AL-QUR’AN DAN HADIS GURU-GURU MADRASAH IBTIDAIYAH “MI” KOTA TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU

Penulis

  • Islamiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau Penulis
  • Siti Maheran Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61136/4s3m9483

Kata Kunci:

Religious Moderation, Madrasah Ibtidaiyah, Teacher

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman guru-guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Tanjungpinang mengenai moderasi beragama berbasis Al-Qur’an dan Hadis setelah diberikan pendampingan dan pelatihan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan wawancara mendalam, observasi kelas, dan studi dokumentasi terhadap materi ajar yang digunakan di madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pelatihan, sebagian besar guru memiliki pemahaman yang terbatas mengenai konsep moderasi beragama dan cenderung melihatnya sebagai bentuk pengurangan nilai agama. Setelah mengikuti pelatihan, guru lebih memahami bahwa moderasi beragama merupakan keseimbangan dalam beragama, sikap adil, serta menghargai perbedaan. Observasi kelas menunjukkan bahwa guru mulai menerapkan metode diskusi terbuka dan pendekatan yang lebih inklusif dalam pengajaran. Beberapa madrasah juga mulai mengembangkan kebijakan yang mendorong penerapan nilai-nilai moderasi dalam pembelajaran. Meskipun terdapat peningkatan pemahaman, tantangan seperti perlunya bimbingan lanjutan dan integrasi yang lebih sistematis dalam kurikulum masih menjadi kendala.

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

MENINGKATKAN PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA BERBASIS AL-QUR’AN DAN HADIS GURU-GURU MADRASAH IBTIDAIYAH “MI” KOTA TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU. (2025). Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 11(1), 12-23. https://doi.org/10.61136/4s3m9483

Artikel Serupa

1-10 dari 28

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama