Optimalisasi Motivasi Belajar PAI melalui Penerapan Aplikasi Pembelajaran berbasis Kahoot!
DOI:
https://doi.org/10.61136/13s9ev69Kata Kunci:
Kahoot! Application, Learning Motivation, Islamic EducationAbstrak
Peserta didik generasi digital tumbuh dengan teknologi sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari, Mereka memiliki gaya belajar yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tantangan pendidik di dalam memenuhi perubahan karakteristik belajar peserta didik di era digital dengan menggambarkan proses pengembangan aplikasi pembelajaran Kahoot! dan penerapannya pada pembelajaran PAI, sehingga dapat mengoptimalkan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran sekunsial. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk analisis data kuantitatif menggunakan Uji Normalitas dan Uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini berupa pengembangan aplikasi Kahoot! dan strateginya implementasinya dalam pembelajaran, serta menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah aplikasi ini diterapkan. Rekomendasi penelitian ini ditujukan sebagai rujukan pengembangan aplikasi pembelajaran PAI dan untuk memberikan variasi suasana belajar menarik bagi siswa sehingga menumbuhkan minat belajar dan motivasi belajar yang tinggi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mustofa Haris Ihsani , Zahrotus Saidah, Mahbub Nuryadien (Penulis)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.